Selasa, 13 Maret 2012

Tips mengisi LJK berdasarkan pengalaman

sekarang ini ujian ujian yang cukup penting menggunakan kertas khusus sebagai tempat menjawab yang disebut LJK (Lembar Jawab Komputer) kalau ga salah. dan hal itu mungkin memberatkan beberapa orang yang tidak ahli dalam urusan menghitamkan dengan pensil 2B dan itu termasuk diri gue sendiri. tapi di lain sisi kalau ujian menggunakan LJK kemungkinan besar tidak ada soal essay nya.


ada beberapa hal yang memungkinkan lama nya mengisi LJK
- mungkin karena kurang latihan dalam menghitamkan jawaban
- mungkin karena terbiasa mengerjakan soal soal dengan santai dan tidak menyadari waktu telah terkuras
- kekhawatiran akan kata "kalau keluar sedikit atau kurang sedikit menghitamkan nya, komputer akan menganggap blank" sehingga mengisi LJK terlalu fokus pada 1 soal dan menguras waktu. apalagi jika soal nya 50 dengan waktu 2 jam. gue juga hampir pas pasan dengan waktu.



pas menerima lembar LJK kadang udah dapet perasaan buru buru kalau sambil liat waktu. hal itu juga bisa mengganggu konsentrasi pas memikirkan jawaban soal apalagi pas menghitamkan jawaban di LJK. bahkan di saat mengisi biodata, nama gue yang cukup pendek (bisa dikatakan begitu) tapi hampir selalu selesai terakhir dalam menghitamkan biodata pada LJK.

tapi ada beberapa saran dari pengalaman sendiri juga saat mengisi LJK
- yang pertama mungkin tetap tenang karena sangat berpengaruh dengan emosi kita saat mengerjakan LJK. jika tidak tenang kemungkinan kita akan menghitamkan LJK bahkan sampai keluar batas. jika kita terlalu sering begitu mungkin saja timbul emosi stress karena tangan harus berpindah memegang pensil 2b lalu penghapus dan kembali ke pensil 2b lagi
- kerjakan soal soal yang dianggap mudah dan singkat dahulu. jangan terlalu melupakan soal yang cukup panjang karena waktu tetap dibatasi.
- periksa dengan sungguh sungguh biodata
- Perhitungkan waktu yang tersedia dengan jumlah soal yang akan di isi jika ada 50 soal dengan waktu 2 jam usahakan habiskan 15 menit untuk biodata (termasuk mengecek ulang). dengan sisa waktu 105 menit gunakan masing masing pertanyaan sekitar 2 menit. jika ada pertanyaan singkat yang bisa diisi dengan waktu sekitar 1 menit artinya kita dapat tambahan sedikit untuk soal soal yang panjang. dan sisa waktu 5 menit untuk mengecek bahwa semua yang harus diisi di LJK sudah terisi
- dan yang terkahir mungkin, hiraukan saja teman teman anda yang sudah selesai dan mengumpulkan saat waktu baru berjalan 1 jam 30 menit atau sekitar itu. sebenarnya kita tetap memiliki hak waktu 2 jam bukan ?? tetap tenang dan fokus untuk tetap mengerjakan.

mungkin itu beberapa tips dari pengalaman sendiri. semoga bermanfaat yaa


2 komentar: